KSP (CONSTANST SOLUBILITY PRODUCT)


Perak klorida AgCl merupakan contoh garam yang sangat sukar larut dalam air (0.002 g / L) yang berisi larutan jenuh hanya sekitar 1,3 x 10-5 mol AgCl per liter air. Jika kita memasukan sedikit saja kristal garam itu ke dalam segelas air kemudian diaduk, kita akan melihat bahwa sebagian besar dari garam itu tidak larut (mengendap didasar gelas) larutan perak klorida mudah sekali jenuh.

tabel Ksp dibawah ini:
  
Dengan membuka link (LINKNYA http://urip.wordpress.com/tautan-kimia-sma/ksp-beberapa-senyawa/ ) ini kalian akan mengetahui lebih lengkap data Ksp beberapa senyawa, Kemudian, temukanlah Bagaimanakah nilai Ksp untuk sebuah senyawa diperoleh dalam percobaan dengan membuka link ini (LINKNYA http://tapipita.blogspot.com/2010/12/percobaan-4-kesetimbangan-hasil-kali.html )



Dengan kalian mengamati data Ksp yang diberikan, apakah kalian dapat menyebutkan harga Ksp untuk NaCl?mengapa Ksp NaCl tidak disertakan? Ternyata Ksp disertakan hanya untuk garam-garam yang sukar larut dalam air berupa elektrolit lemah, misalnya: AgCl, CaCrO4 dan PbI2. Sedangkan garam yang mudah larut dalam air termasuk elektrolit kuat misalnya: NaCl, KI dan KCl tidak disertakan Ksp-nya (Ksp yang dihasilkan cukup besar karena kelarutan garam-garam tersebut yang besar dalam air).
Dalam larutan jenuh perak klorida terdapat kesetimbangan :
AgCl(s) Description: <----->Ag+(aq) + Cl-(aq)



Kesetimbangan Ini tidak dipengaruhi jumlah AgCl padat dalam larutan. Karena konsentrasi padat tidak berubah, meskipun jumlah padat dapat menjadi lebih kecil karena beberapa dari padat larut.
Karena [AgCl] adalah konstan, yang tidak berpengaruh pada keseimbangan,
maka :
[Ag+][Cl-] = Kc x [AgCl]
[Ag+][Cl-] = Kc
Persamaan ini menunjukkan bahwa konsentrasi produk
dalam kesetimbangan dari ion  Ag+ dan Cl- dalam larutan ini sama dengan sebuah konstanta. Jadi  konstanta sebanding dengan kelarutan garam, hal itu disebut tetapan Hasil Kali Kelarutan, atau Ksp (solubility product  constant).
Ksp = [Ag+][Cl-]
Ksp = [Ag+][Cl-]
Secara umum persamaan Ksp dapat ditulis:




latihan soal 

The Flash plugin is required to view this object.




Ksp dapat digunakan untuk mengindentifikasi anion dan kation, untuk memperluas pengetahuan kalian buka link berikut ini, kemudian analisalah bagaimana hal itu dapat terjadi?? Identifikasi kation dan anion (identifikasi kation dan anion itu di link sama 2 link, 1. http://urip.wordpress.com/tautan-kimia-sma/ksp-beberapa-senyawa/ dan link 2 http://agazzta.student.fkip.uns.ac.id/2009/10/18/hello-world/#more-1 )
Dalam identifikasi tersebut digunakan pereaksi spesifik untuk sebuah kation atau anion, sehingga zat yang akan diidentifikasi tersebut mengendap terpisah dari sampel larutan.
bila kita ingin mengidentifikasi apakah terdapat Cu2+ dalam larutan yang kita miliki, maka identifikasi dapat digunakan pereaksi khusus, misalnya tambahkan NaOH pada larutan yang ingin diidentifikasi, bila terjadi endapan biru maka terdapat Cu dalam larutan yang kita miliki.
CU2+ + 2 NaOH → CU(OH)2 ↓ biru + 2Na+
Ksp dari Cu(OH)2 adalah 4,8 × 10-20 maka akan mudah sekali untuk mengendap.







Tidak ada komentar:

Poskan Komentar