MEMPERKIRAKAN TERBENTUKNYA ENDAPAN BERDASARKAN HARGA Ksp


kita dapat memprediksi apakah endapan akan terbentuk bila kita Mencampurkan dua larutan. Apakah semua campuran menghasilkan endapan? Hal ini dapat kalian telaah lebih lanjut dengan membuka link (http://www.yteach.co.uk/page.php/resources/view_all?id=salt_acid_base_water_reaction_product_reactant_precipitation_thermal_decomposition_t_page_18
 ) animasi berikut
Pernahkah terpikir oleh kalian, Bagaimanakah senyawa dapat mengendap? Kemudian temukan jawabannya dengan membuka link (http://www.yteach.co.uk/page.php/resources/view_all?id=salt_acid_base_water_reaction_product_reactant_precipitation_thermal_decomposition_page_4&from=search
 ) animasi ini. Selain itu kalian juga dapat menganalisisnya melalui flash berikut ini:
(FLASH DIFOLDER, FILENYA Pengendapan)

Apakah sudah mempunyai gambaran hal yang menyebabkan pengendapan? Kita akan bahas lebih lanjut..
reaksi larutan jenuh AgCl dalam air.
      AgCl(s) Ag+(aq) + Cl-(aq)
Karena AgCl adalah garam 1:1, konsentrasi dari ion Ag+ dan Cl- dalam larutan ini adalah sama:
[Ag+] = [Cl-]
Bayangkan apa yang terjadi ketika beberapa kristal dari AgNO3 ditambahkan pada larutan jenuh AgCl dalam air
, perak nitrat adalah garam larut. Oleh karena itu larut dan terdisosiasi menjadi ion Ag+ dan NO3-. Akibatnya, ada dua sumber dari ion Ag+ dalam larutan ini.
AgNO3(s)
Ag+(aq)
+
NO3-(aq)























         AgCl(s)  

Ag+(aq)
+
Cl-(aq)
Menambahkan AgNO3 ke dalam larutan AgCl jenuh maka akan meningkatkan konsentrasi ion Ag+. Ketika ini terjadi, larutan tidak lagi pada kesetimbangan karena konsentrasi dari ion Ag+ dan Cl- terlalu besar. Jadi hasil kali kelarutan (Qc) untuk larutan lebih besar dari konstanta hasil kali kelarutan  (Ksp) AgCl.
                             Qc = (Ag+)(Cl-) > Ksp
Ketika Qc lebih besar dari Ksp, dalam kesetimbangan maka reaksi harus bergeser ke arah AgCl padat. Dengan demikian, AgCl akan mengendap dari larutan seperti yang ditunjukkan oleh persamaan berikut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar